Program Studi Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Selayang Pandang

Penyebab timbulnya permasalahan lingkungan hidup dan sumber daya alam ialah pada semua sendi kehidupan dan adanya kesulitan dalam pemahaman struktur pemikiran sistemik dalam kontek fenomena dinamika lingkungan hidup, sebagaimana yang terjadi dalam satu perilaku ekosistem. Penanganan masalah sumber daya alam, ekosistem dan lingkungan ini tidak dapat hanya pada aras penanganan setelah terjadi kerusakan (tindakan kuratif), tetapi harus senantiasa disertakan pada aras perencanaan pengelolaan sumber daya alam (kajian lingkungan strategis). Dan lebih penting lagi, adanya penanganan pada aras kesadaran lingkungan (enviromental awareness).  Oleh karena itu pendidikan menjadi penting dan strategis untuk dapat menjawab permasalah yang dihadapi dalam ketiga aras tersebut.

Program Studi Sarjana Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan ialah lembaga pendidikan sarjana (S1) jalur akademik di Jurusan Keteknikan Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya, yang ikut berperan meningkatkan jumlah dan mutu sumber daya manusia yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu teknik sumber daya alam dan lingkungan.  Dengan mengikuti program studi ini akan menjadi seorang Sarjana Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan yang memiliki kopetensi :

  • Mampu bersikap sebagai manusia agamis yang berbudi luhur dan berfikir rasional ilmiah serta berekspresi sesuai ilmu yang dikuasai dalam pergaulan internasional.
  • Mampu melakukan survei potensi dan asesmen lingkungan untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam baik biotik maupun abiotik,
  • Mampu melakukan perencanaan melalui tahap mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan desain pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
  • Mampu merancangbangun  unit pengolahan limbah dan penyediaan air bersih.
  • Mampu menginterpretasi dan memprediksi kerusakan lingkungan dan bencana  serta mampu merumuskan konsep solusi pencegahan, usaha perbaikan dan manajemen serta penanggulangannya.
  • Mampu mengkritisi (bersikap tanggap dan peka) kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang bertentangan dengan pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
  • Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan bidang Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
  • Menguasai dasar-dasar kewirausahaan, standarisasi dan manajemen mutu.

Tujuan :

Menyelenggarakan pendidikan yang komprehesif untuk menghasilkan sarjana yang sukses, produktif dan profesional dalam karir di bidang teknik sumber daya alam dan lingkungan.

Visi :

Menjadi pusat pendidikan teknik sumber daya alam dan lingkungan berstandar internasional dan berperan aktif dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.

Misi :

Menyelenggarakan proses pendidikan bidang teknik sumber daya alam dan lingkungan

Melaksanakan penelitian  dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam pemanfaatan dan pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan.

Kurikulum

Kurikulum didesain untuk mendukung kompetensi lulusan dengan beban sebesar 128 SKS, dan dikembangkan dari matakuliah kelompok kompetensi umum 12 SKS, matakuliah kelompok kompetensi utama 104 SKS dan matakuliah kelompok kompetensi pendukung 12 SKS.

Kompetensi Umum dikembangkan dengan penyelenggaraan perkuliahan: Bahasa Indonesia, Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Agama, Bahasa Inggris dan Logika.

Kompetensi Utama dikembangkan dengan penyelenggaraan perkuliahan : Matematika Dasar, Matematika Teknik, Fisika, Kimia, Biologi, Sosial dan Budaya, Ekonomi Umum, Ekonomi Teknik, Dasar-dasar Mineralogi, Klimatologi, Mekanika Fluida, Hidrologi, Statika dan Dinamika, Kekuatan Bahan, Mekanika Teknik, Termodinamika, Teknik Bioenergi, Analisa Sistem, Sistem Kontrol, Menggabar Teknik, Pengembangan Sumber Daya Air, Erosi dan Bangunan Pencegahannya,  Banjir dan Penanggulangannya, Irigasi dan Drainase, Surveying dan Pemetaan, Mekanika Tanah, Model dan Simulasi, Sistem Informasi Geografis, Manajemen dan Audit Lingkungan,  Pengolahan Limbah, Pembukaan dan Pencetakan Lahan, Reklamasi Air dan Lahan, Mitigasi dan Manajemen Bencana, Analisis Kualitas Lingkungan, Bioteknologi Lingkungan, Analisis Proyek, Ekonomi Lingkungan, Rancangan Bangunan Pengolahan Air Bersih, Rancangan Bangunan Pengolahan Limbah, AMDAL, KLHS, Teknologi Bersih.

Kompetensi Pendukung dikembangkan dengan penyelenggaraan perkuliahan : Standarisasi dan Manajemen Mutu,  Kewirausahaan, Manajemen Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Staf Pengajar

Terdiri dari Guru Besar, Doktor  dan minimal Magister yang telah berpengalaman mengajar dalam bidang dasar-dasar teknik, perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam  baik biotik maupun abiotik, pengetahuan tentang  lingkungan, ekosistem dan biosistem, dan bidang konservasi sumber daya alam, AMDAL, KLHS, manajemen lingkungan, mitigasi serta manajemen bencana.  Staf pengajar senantiasa mengembangkan bidang ilmu yang dikuasai dan diemban dengan mengadakan penelitian secara intensif dan menyebarluaskan iptek yang dihasilkan  dengan kegiatan pengabdian dan publikasi.

Prof. Dr. Bambang Suharto (Guru Besar Bidang Teknik Konservasi Air dan Lahan)

Prof. Dr. Sumardi HS. (Guru Besar Bidang Konversi Bioenergi)

Dr. Ruslan Wirosoedarmo (Lektor Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Air dan Lahan)               

Dr. Bambang Dwi Argo (Lektor Kepada Bidang Mekatronika)

Dr. Tunggul Sutan Haji (Lektor Bidang Informatika Sumber Daya Alam dan Lingkungan)

Dr. Bambang Susilo (Lektor Kepala Bidang Teknik Bioenergi dan Energi Alternatif)

Dr. Adi Susilo (Lektor Kepala Bidang  Mineralogi dan Bahan Tambang)

Bambang Rahadi, MS (Lektor Kepala Bidang AMDAL dan KLHS)

Evi Kurniati, MT (Lektor Bidang Monitoring Polusi dan Manajemen Lingkungan)

Dr. Liliana (Lektor Bidang Teknik Sumber Daya Air)

Dr. Agustin Krisnawardani (Lektor Kepala Bidang Bioteknologi Lingkungan)

Bambang Ismu, MSc. (Lektor Bidang Kimia Lingkungan)

Wahyu A. Nugraha, M.Eng (Lektor Bidang Pengolahan Limbah)

Yusuf Wibisono, M.Eng (Lektor Bidang Teknologi Membran)

Yusuf Hendrawan, M.Life.Sci (Lektor Bidang Bio Engineering)

Fasilitas

Penyelenggaraan perkuliahan dilaksanakan di lingkungan kampus Universitas Brawijaya yang didukung dengan suasana akademik yang kondusif dan asri.  Proses belajar mengajar dilaksanakan dalam ruang yang memadai dan dilengkapi dengan fasilitas multi media yang sangat mendukung. Setiap mahasiswa mendapatkan fasilitas akses jaringan internet dan perpustakaan untuk belajar mandiri, serta akses penelitian dalam laboratorium yang dilengkapi dengan alat ukur, analisis dan peraga, yang dikelompokkan dalam Laboratorium Survei dan Pemetaan, Laboratorium Uji dan Analisa Lingkungan, Laboratorium Informatika Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Lapangan Kerja Lulusan

Dengan kompetensi yang dimiliki, lulusan Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Universitas Brawijaya dapat bekerja dengan kemampuan yang tangguh pada posisi strategis dalam perencanaan dan pengelolaan  sumber daya alam serta pembangunan berkelanjutan, antara lain pada instansi pemerintahan, konsultan, kontraktor, LSM, industri pengolahan, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, lembaga penerangan atau penyuluhan, perbankan, wartawan  maupun wirausaha.

Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem, UB

Jl. Veteran Malang 65145

Telp : (0341)571708, Fax : (0341)586415

Email : tep@brawijaya.ac.id

http://www.tep.brawijaya.ac.id

Contact Person : Evi Kurniati

Hp: (0341)9749084

Email : evi_kurniati@yahoo.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: